Presentation is everything

Desember 9, 2010 § 1 Komentar

Di smester 5 ini ada matakuliah “Penulisan Proposal dan presentasi”. Sebelumnya saya sempat berfikir “kok presentasi ada matakuliahnya?”. Setelah saya alami itu ternyata benar, matakuliah presentasi itu memang dibutuhkan oleh anak iklan. Karena saat kita bekerja dalam sebuah advertising agency sedikit banyak pasti melakukan presentasi untuk menjual ide kita di depan klien.
Pernyataan “Presentation is everything” adalah kata-kata yang selalu melekat dibenak saya. Dua dosen saya mba Vasthi dan mas Jaja sering sekali mengatakan hal itu. Setelah saya pikir-pikir emang bener sih apa kata mereka. Presentasi itu segalanya. Percuma kalian punya ide bagus kalo kalian gak bisa mempresentasikannya dengan “all out” sama aja dengan NOL. Klien mana mau terima ide kalian. Sebaliknya yang idenya terkesan biasa aja tapi dia bisa membawakan presentasinya dengan baik maka klien mungkin akan menerima ide kalian.
Kebiasaan orang Indonesia itu malu-malu dan takut saat memulai presentasi. Saya akui saat akan presentasi pasti ada perasaan nervous apalagi presentasi di depan dosen yang galak membuat jantung berdegup kencang dan rasanya telapak tangan dan kaki mendadak beku. Namun saya percaya seiring berjalannya waktu dan sering berlatih, presentasi bisa dibawakan dengan tenang.
Pernah suatu hari saya terenyak dengan pernyataan dosen saya kepada kami anak iklan “kalian presentasi tuh kayak presentasi anak sosiologi”. Maksudnya, presentasinya terlalu serius dan agak kaku. (maaf saya tidak mendiskriminasi anak sosiologi ini hanya sedikit perbandingan). “Kalian tuh kalo mau presentasi kayak tadi jangan ambil jurusan iklan”. Hmm pernyataan seperti itu cukup ‘menampar kami’. Memang sih presentasi yang disampaikan terlalu kaku mungkin karena grogi dengan dosenya. Sejak saat itu bila kami presentasi selalu melakukan hal unik terlebih dahulu. Kami mengemas presentasi dengan ice breaking berupa menyanyi atau pun hal lain yang bisa menghibur audience. Tidak lupa mengenakan kostum cantik yang kreatif. Slide pun berisi video dan animasi lainnya yang telah kami persiapkan.
Berikut hal-hal yang saya ketahui mengenai presentasi dari dosen saya yang seorang ECD (executive creative director) di sebuah agency periklanan:
1. Kuasai materi presentasi dengan matang
2. Presentasi BUKAN membaca slide
3. Presentasi adalah sharing, sharing semua pembahasan yang kita sampaikan pada audience
4. Presentasi butuh ice breaking
5. Presentasi harus menarik
6. Power point/ slide/ tampilan slide hanya alat bantu. Ada atau tidak ada itu kita harus bisa presentasi
7. Jangan sesekali membelakangi audience saat presentasi
8. Pegang spidol/ pulpen untuk menyalurkan rasa grogi yang kita alami.
9. And last. . . presentation is really everything

Semua pernyataan di atas benar menurut saya. Namun saya tidak tahu teori dari dosen-dosen lain nya. Semoga bermanfaat🙂

Tagged: , ,

§ One Response to Presentation is everything

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Presentation is everything at it's life.

meta

